INFORMASI CARA HITUNG KWH LISTRIK PRABAYAR / TOKEN

Menurut Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM ( Bpk Jaman ) Tarif Listrik Indonesia itu paling rendah dibandingka Negara lain di ASEAN, Negara lain rata – rata sudah diatas Rp. 1000 / kwh sedangkan Indonesia masih dibawah Rp. 1000/kwh.
Mulai tahun 2013 ini tarif dasar listrik Indonesia akan dinaikan kurang lebih 15 %

Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 30 Tahun 2012 Tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediakan PT PLN (Persero), Untuk kalangan rumah tangga berdaya 450 VA-900 VA tidak ada kenaikan. Sedangkan Tarif listrik untuk pelanggan 1.300 VA ke atas naik sebanyak empat kali dalam tahun ini.

Harga Tarif Dasar Listrik Per Kwh

1. R1 Daya 450 VA Rp 415 per KWH nya ( Tetap Tidak      naik )
2. R1 Daya 900 VA Rp 605 per KWH nya ( Tetap Tidak naik      )
3. R1 Daya 1.300 VA : Sebelumnya Rp 790 per kWh
1 Januari 2013 Rp 833 per kWh ( Naik 5,4 % )
1 April 2013 Rp 879 per kWh
1 Juli 2013 Rp 928 per kWh
1 Oktober 2013 Rp 979 per kWh

4.   R1 Daya 2.200 VA : Sebelumnya Rp 795 per kWh
1 Januari 2013 Rp 843  per kWh
1 April 2013 Rp 893 per kwh
1 Juli 2013 Rp 947 per kWh
1 Oktober 2013 Rp Rp 1.004 per kWh

5.  R1 Daya 3.500 VA-5.500 VA : Sebelumnya Rp 890 per kWh
1 Januari 2013 Rp 948  per kWh
1 April 2013 Rp 1.009  per kwh
1 Juli 2013 Rp 1075 per kWh
1 Oktober 2013 Rp Rp 1.145 per kWh

6. Pelanggan 6.600 VA ke atas : Sebelumnya Rp 1.330  per kWh
1 Januari 2013 Rp 1.336   per kWh
1 April 2013 Rp 1.342 per kwh
1 Juli 2013 Rp 1.347  per kWh
1 Oktober 2013 Rp Rp 1.352 per kWh


Dengan adanya informasi ini kita sebagai konsumen harus mensiasatinya dalam hal penggunaan listrik, Marilah kita berhemat
Tips Hemat Listrik :

Lemari Es / Kulkas
  • Pilihlah lemari es dengan ukuran/kapasitas yang sesuai.
  • Membuka pintu lemari es seperlunya, dan pada kondisi tertentu dijaga agar dapat tertutup rapat.
  • Mengisi lemari es secukupnya (tidak melebihi kapasitas).
  • Menempatkan lemari es jauh dari sumber panas, seperti sinar matahari, kompor.
  • Meletakkan lemari es minimal 15 cm dari dinding/tembok rumah.
  • Tidak memasukkan makanan/minuman yang masih panas ke dalam lemari es.
  • Membersihkan kondensor (terletak di belakang lemari es) secara teratur dari debu dan kotoran, agar proses pelepasan panas berjalan baik.
  • Mengatur suhu lemari es sesuai kebutuhan karena semakin rendah / dingin temperatur, semakin banyak konsumsi energi listrik.
  • Mematikan lemari es bila tidak digunakan dalam waktu lama

Setrika
  • Mengatur tingkat panas yang diperlukan sesuai dengan bahan pakaian yang akan diseterika.
  • Membersihkan bagian bawah setrika dari kerak yang dapat menghambat panas.
  • Mematikan setrika segera setelah selesai menyetrika atau bila akan ditinggalkan untuk mengerjakan yang lain

Televisi dan Radio
  • Mematikan televisi, radio, tape recorder, serta peralatan audio visual lainnya bila tidak ditonton atau tidak didengarkan.

AC
  • Memilih AC hemat energi dan daya yang sesuai dengan besarnya ruangan.
  • Mematikan AC bila ruangan tidak digunakan.
  • Mengatur suhu ruangan secukupnya, tidak menyetel AC terlalu dingin.
  • Menutup pintu, jendela dan ventilasi ruangan agar udara panas dari luar tidak masuk. Menempatkan AC sejauh mungkin dari sinar matahari lansung agar efek pendingin tidak berkurang.
  • Membersihkan saringan (filter) udara dengan teratur.


Contoh Pemakaian listrik RUMAH TANGGA SEDANG
Rumah Tangga Dalam Menghemat Pemakaian Energi Listrik
Daya listrik: 900 VA
  
ALAT RUMAH TANGGA


CARA MENGHITUNG JUMLAH KWH PADA TOKEN
Bagi anda pengguna listrik Pra bayar ( Token ) sudah rutin beli listrik isi ulang ini, tapi tahukah anda bagaimana cara menghitung jumlah KWH yang didapat ?
Sekilas saya akan bahas : Ada beberapa variable yang dapat mempengaruhi besar kecilnya jumlah Kwh yang anda dapatkan antara lain :

  1. TDL – tarif dasar listrik, tiap Golongan Daya berbeda tarif-nya
  2. PPJ –   Pajak Penerangan Jalan. Ditentukan dalam prosentase, berbeda untuk tiap      daerah (maksimal 10%). Misal wilayah kabupaten adalah 3% dan Kotamadya 6%.
  3. Biaya Admin Bank

Rumusnya adalah :

{(NominalBELI – Adm Bank) – (NominalBELI-Adm Bank)x PPJ} : Biaya per kWH

Misal :

    * Anda berada di wilayah Kabupaten
    * Beli Rp. 50.000
    * Daya R1 900 VA
    * Biaya Admin Bank Rp. 1.600

Cara menghitungnya adalah :

{(50.000-1.600) – (50.000-1.600)x3%} : 605
= 48.400 – (48.400 x 3%) : 605
= (48.400 – 1.452) : 605
= 46948 : 605
= 77.6 kWh

Angka 605 adalah tarif dasar listrik Golongan Daya R1 900 VA.

FAKTA DILAPANGAN

Pengalaman Saya beli Token di Loket PPOB
Beli token Rp.50.000
R1 1300
Admin Bank Rp.1600
PPJ Rp. 1861,54
Rp. 46.538,46
Kwh 55,9

Beli token Rp.100.000
R1 1300
Admin Bank Rp.1600
PPJ Rp. 3784,62
Rp. 94615,38
Kwh 113,6

Jadi berdasarkan pengalaman tersebut bahwa PPJ itu bervariasi dan ternyata 3% lebih jadi dapat di simpulkan  bahwa tarip PPJ untuk daerah Kabupaten sekitar 3%-6% sedangkan untuk daerah kotamadya sekitar 6%-9%

27 comments:

agen pulsa listrik dan hp said...

mau jadi agen pulsa,token pln dan game online?silahkan gabung di http://www.pulsagram.com/indexCN160840.htm
pendaftaran gratis dan nominal deposit bebas. buruan gabung

Anonymous said...

dapat subsidi sih tapi kenapa suruh mbayar PPJ bisa aja aja akalnya

icat akowi said...

za ingin mendaftar menjadi agen pulsa listrik lewat mana ya

Anonymous said...

mua menjadi agen pulsa dan pulsa pln dengan harga yang bagus....
hubungi kami di 085234056666

smartpulsa-88 said...

ikutan nyimak Gan...
Salam Sukses and MaturThangkyu.

Agen Pulsa Murah said...

Makasih bos, dari kemarin nyari info kenaikan harga listrik prabayar,.
ternyata emng naik lg muali 1oktober,.

Untunglah untuk daya 900watt gak naik,. hehehehe

Anonymous said...

smoga beli pulsa listrik bisa seperti beli pulsa telpon tidak ada perbedaan antar golongn daya kapan hal itu terjadi ?

MUKHLISIN said...

makasih infonya Gan..

henny said...

Mau ty nih,utk dah be2rapa bln ini aq kl beli pls token 400 cm dapet 350an gt yg masuk.emang ni makin lama makin berkurang ya.belinya 400 cm terima 350 >:O

cieluck blog's said...

wah mahal ya.......
hmmm bisa di murahin ga ya,.....

Anonymous said...

Anjing lu gann... gue cari cara ngitung listrik mesin.... kl itu sih gue bisa... toh jg lo hanya copas doang.... dasar anjing lo gan

kompas said...

haduh Sayang ini penghitungan nya apakah berlaku untuk tarif sekarang ,kan listrik naik jumlah kwh yg di dapt pada thn 2013 dan 2014 sekarang beda jauh ...Pulsa Listrik y sekarang kwh semakin menipis om admin kira kira mohon di jabarkan dengan jelas

Pulsa elektrik said...

klw menurut saya seorang teknisi listrik bandung biar lebih jelas langsung hub call center pln aja karana tiap daerah beda beda kwh yg di dapat layanan call center PLN tinggal hub 123

Ramadhan Seven said...

Parah skrng token listeik bnyak distributor yg merugikan rakyat kcil..masa skrng beli 100rbu cuma dpt 78ribu..bikin rakyat melarat

mina rsih said...

Ampe syok tdi trus complain ke pln beli 100 rb isi kwh 78 rb..... naiknya mahal beut dr potongan cuma 6 rb skrng jd 22 rb klo di potong ceban gpp aduhh aduhh

Jual Pulsa Listrik Online said...

Sobat yang membutuhkan pulsa listrik bisa order di web kami ya http://pulsalistrik.com

Pembayaran bisa via bank BCA/BNI/BRI/MANDIRI. Proses pembelian serba otomatis bro & sis

Anonymous said...

saya tinggal di derah kabupaten gianyar kenyataan di lapangan saya beli token 100000, dapatnya cuma 66.7kwh.,., kok bisa ya., gimana ceritanya.,,. ? listrik R1 1300

agus rafiqusubhan said...

coba cari dan update harga per kwh nya untuk saat ini karena sdh ada kenaikan harga, terus terapkan memakai rumus diatas . klo hasilnya berbeda jauh berarti ada kemungkianan biaya admin bank yang berbeda

Ratu Ku said...

untuk tahun 2015 jika ada kebijakan tarif pln naik harga kwh diatas ikut berubah om

Jualpulsa.com Jual Pulsa Online Murah Terpercaya

agus rafiqusubhan said...

yang terbaru ada disini http://imagina14.blogspot.com/

Distributor Token Listrik Agen said...

Banyak orang tidak paham bagaimana sebenarnya cara berhitung token listrik yang mereka gunakan.. Tetapi apakah cara diatas sudah tidak akan ada perubahan lagi ?

Bisnis Pulsa Elektrik said...

Wah berguna dan sesuai dengan topik yg sedang hangat dimedia.
Kalau ada yg minat jualan pulsa PLN bisa cek ke http://www.bisnis-pulsa-elektrik.com

Fendi Putra said...

ayo mampir di blogspotku
http://bacaanmalamku.blogspot.co.id

Syilfia Yuseva said...

Yang minat mau jual pulsa hp n pulsa token ..silahkan daptar ke saya…
Ketik= reg.nomor hp.nama.kota tinggal
Kirim ke 081535362040

whimpy said...

nah kan dah apda tau tuh cara cek nya sekarang kalo ente2 mau jualan bisa cek di distributor pulsa murah

tejo said...

makasih bos infonya dan salam sukses

BebasBayar said...

Saya tadinya saya beli pulsa listrik di alfamart, namun sekarang saya menggunakan layanan bebasbayar karena lebih mudah tidak perlu keluar rumah dan ada peluang penghasilan jika digunakan secara rutin dari cashback tiap transaksi dan komisi afiliasi tiap transaksi

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter
Jangan Menulis Komentar Mengandung
SPAM, SARA, PORNO Atau KATA KASAR..!!

 

© Copyright Tutorial Dan Informasi . All Rights Reserved.

Designed by TemplateWorld and Provided By Free Blogger Templates | Free Website Templates