TUTORIAL Hitung Tagihan Listrik Pasca Bayar VS Pra Bayar

Seandainya Pemakaian listrik sehari – hari Sobat Blogger sebagai berikut maka bagaimanakah cara menghitung tagihannya

Daya listrik: 900 VA

1 Seterika 350 watt, 2 jam/hari 0,70 kWh/hari
1 Pompa air 150 watt, 3 jam/hari 0,45 kWh/hari
1 Kulkas sedang 100 watt, 6 jam/hari : 0,60 kWh/hari
1 TV 20" 110 watt, 6 jam/hari 0,66 kWh/hari
1 Rice cooker 300 watt, 2 jam/hari: 0,60 kWh/hari
6 Lampu hemat energi 20 watt, 6 jam/hari: 0,72 kWh/hari
4 Lampu hemat energi 10 watt, 6 jam/hari 0,24 kWh/hari
Jumlah kebutuhan listrik perhari 3,91 kWh
Jumlah Kebutuhan listrik per bulan 3,91 kWh x 30 = 117,30 kWh

Golongan Tarif R1 900 VA(Rumah Tangga) dengan pemakaian 117,30 kWh :

PEMAKAIAN
Rumus Perhitungannya Pemakaian x Tarif Dasar Listrik

1    Blok 1 (20 kWh pertama)          = 20 kWh x Rp 275        = Rp 5500 
2    Blok 2 (40 kWh berikutnya)      = 40 kWh x Rp 445        = Rp 17800
3    Blok 3 (diatas 60 kWh)              = 57,3 kWh x Rp 495     = Rp 28363,5
4     Jumlah       = 117,30 kWh         = Rp  51663.5

117,30 kWh         = Rp  51663.5 ( Ini belum biaya Abodemen dan PJU )

ABONEMEN
Rumus Perhitungan Abodemen PLN = ( Daya / 1000 ) xz ( Rp / kVA )
JADI  : (900/1000) X Rp. 20000  
0.9 X Rp. 20000 =  Rp.18000

Total  : Rp. 51663.5 + Rp.18000 =  Rp. 69663.5

PAJAK PJU ( 3% s.d 10 % )
Rumus Perhitungan Pajak PJU = 3% x Total Tagihan Listrik Plus Abodemen

3% x Rp 69663.5,- = Rp 2089.905 (dibulatkan Rp 2100,-)

ADMIN BANK ( Rp. 1600 s.d Rp. 5000 )

Jadi Seluruhnya Rp. 51663.5 + Rp.18000 + Rp.2100 =  RP. 71763.5
Tambah Admin Bank Rp. 1600 ( saya ambil yang termurah )

TOTAL Rp. 71763.5 + Rp. 1600 = Rp. 73363.5
Tagihan Listrik Pasca Bayar Sobat Blogger tiap bulan kurang lebih Rp. 73363.5

BAGAIMANA DENGAN LISTRIK PRA BAYAR DENGAN SITUASI SAMA DIATAS

Rumusnya adalah : 
{(NominalBELI – Adm Bank) – (NominalBELI-Adm Bank)x PPJ} : Biaya per Kwh

Misal Sobat Blogger beli Rp. 75.000
{( 75.000 - 1.600 ) – ( 75.000 – 1.600 ) x 3% } :  605
( 73.400 -  2202 ) : 605 =  117.68264

Jadi Sobat Blogger  Jika membeli Token Rp. 75.000 maka jumlah kwh yang didapat  kurang lebih 117.68264

Ini cukup untuk 1 bulan dengan situasi sama seperti diatas, dan kalau diperhatikan antara Pasca bayar dan Pra Bayar hampir sama tidak jauh beda, tapi kenyataan dilapangan Listrik Pra Bayar banyak keluhan masyarakat yang menyatakan pulsa Listrik Token cepat habis, KENAPA begitu ??????????????

Sekarang pilihan ada dita ngan anda apakah mau pakai Listrik Pasca bayar atau listrik Pra Bayar

Catatan :
Diasumsikan R1 900 Rumah tangga ada di daerah kabupaten, memakai tariff 2013 bulan januari sampai Maret karena bulan berikutnya akan ada kenaikan lagi
BIasanya biaya PJU tidak pas 3%, tapi bisa lebih, , karena pengalam di lapangan biaya PJu bisa 3,87% bahkan bisa lebih, saya ambil yang simpelnya saja

Tarif dasar listrik untuk tahun 2013 :

28 comments:

Anonymous said...

Terimakasih sebelumnya .Ternyata masih ada yg sanggup menerangkan secara detail masalah perhitungan seperti diatas.karena biasanya yg saya baca adalah saran dan keluhan-keluhan yg ga abis-abisnya dibaca . Kalau boleh update dong perhitunngan TDL Listrik Tahunan ataupun perbandingan seperti dia atas .Karena kenyataannya dilapangan ada katanya Instalasi yg bocor atau bgaiman hingga prabayar jadi jauh lebih mahal?

Anonymous said...

Mohon bantuan untuk perhitungan pemakaian sebulan 1000 kwh, listrik 5500 watt
Terima kasih atas bantuannya

agus rafiqusubhan said...

Untuk pertanyaan yang ini

Mohon bantuan untuk perhitungan pemakaian sebulan 1000 kwh, listrik 5500 watt
Terima kasih atas bantuannya

Tolong pertanyaannya dirinci dengan jelas supaya saya bisa menjabarkannya

terimakasih
admin

Anonymous said...

Saya pernah ingin menaikkan daya listrik di rumah. Namun pihak PLN yg saya hubungi melalui telepon mengatakan bahwa jika ingin menaikkan Daya, harus menggunakan Token. Dan biaya Listrik Reguler dengan yang menggunakan Token jauh lebih mahal. Mereka memberi contoh jika perputaran meteran Reguler 1 x, maka perputaran Token 1,5 x. Perumpamaannya jika biaya Reguler Rp 100, maka Token Rp 150. Jadi wajar jika dengan Harga yang sama, tapi listrik yang menggunakan token lebih cepat habis. Demikian info yang dapat saya bagikan.

fina anggria said...

Pemilik kontrakan tempat dimana saya tinggal baru saja mengganti daya dari 900 menjadi 2200 (tanpa konfirmasi terlebih dahulu)– diganti dengan sistem M-token (yg lagi gencar2nya promo tambah daya gratis).. semula tagihan pln sy yg cuma 180 – 200 rb bengkak … belum genap 3 minggu sy sudah menghabiskan 300rb untuk beli token.. stress dan sedih.. padahal pemakaian wajar.. bahkan berkurang (mesin cuci rusak).. kenapa ya?? sy cuma pakai ac, tv, magic com dan kulkas.. setrika juga 2 hari sekali. ada yg bisa bantu?

Anonymous said...

Untuk Mbak Fina jelas terasa mahal dan boros karena yang 900 beda tarif dengan yang 2200

By ADMIN

khoirus yan said...

perhitungan spt it kn udah ada dalam plajaran fisika tingkat smp,knp pd heboh tntg cr menghitung biaya bulanan listrik.

Anonymous said...

Kami biasanya bayar tagihan listrik rata2 75.000/bln dengan asumsi pemakaian tidak terlalu jauh beda tiap bulannya. Tapi tiba2 tagihan bulan september adalah 249.000, kaget dan nggak percaya...masa sih kami pakai apa sampai harus bayar segitu banyak ? Tiap hari pakai benda yang sama dan jam nya juga hampir sama karena kami bekerja di luar rumah dari jam 8 pagi - jam 8 malam, aktivitas di rumah 0 karena nggak ada orang dan yang nyala 24 jam hanya 1 kulkas 100 watt dengan pompa aquarium 30 watt. Tapi harus bayar 249.000 ??? Apakah ini normal....

agus rafiqusubhan said...

Coba liaht stan meter yang di meteran dengan yang di struk pembayaran mana yang lebih besar, kalau yang di struk lebih besar dari yang di meteran berarti ada kesalahan pada pencatat meter atau salah tukang input, kalau merasa kebesaran sebaiknya jangan bayar dulu terus langsung komplain ke PLN terdekat, kalau sdh terlanjur bayar, tunggu bulan depannya bayarnya harusnya lebih kecil atau bahkan biaya beban saja

Anonymous said...

Kami udah cek yang di stan dengan yang di struk cuma beda sedikit aja, tidak sama persis dengan alasan petugas pln tidak bisa cek meter langsung karena waktu dia cek pintu pagar rumah kami dalam keadaan dikunci jadi dia tidak bisa masuk. pembayaran bulan oktober/ bulan ini memang turun seperti standar biasanya rp. 72.000, dan kami yakin ini normal karena 5 bulan sebelumnya juga sekitaran segitu. Seminggu yang lalu udah ke kantor PLN mengajukan komplain, tapi jawabannya tidak memuaskan dan kami katanya tetap harus bayar tagihan yang kami merasa tidak sesuai dengan pemakaian kami. Tapi kami tetap minta mereka supaya ada aksi dan memeriksa kondisi meteran di rumah, 3 hari lalu ada petugas datang cek dan menurut dia juga putaran meteran nya terlalu cepat untuk kondisi 1 kulkas yang nyala..dia janji untuk mengajukan penggantian meter yang baru tapi sampai hari ini belum ada konfirmasi apa2 lagi dari pihak pln. Apakah normal jika mereka meminta kami tetap bayar yag 249.000 itu ? soalnya kami hanya bersedia membayar apa yang kami rasa pakai saja, berdasarkan perhitungan penggunaan listrik yang kami punya. Seperti yang pak Agus contohkan berdasarkan alat-alat listrik yang kami pakai dan dibandingkan dengan tagihan bulan2 sebelumnya dengan catatan penggunaan listrik di rumah kami tidak jauh beda perbulannya. Saya menulis di blog ini karena merasa lebih membantu dibandingkan mengadu di website resminya PLN...udah 2 kali saya kirim email keluhan kami tetapi tidak ada respon apapun, pelayanan pengaduan di kantor pun begitu lambat dan tidak memuaskan apalagi ujung-ujungnya tetap harus bayar. Makasih untuk info dan bantuannya

Henry said...

Selamat siang,
Listrik rumah saya 5500 w, karena kosong, dipasang timer lampu, 4 titik yang menyala hanya kalau malam. tagihan saya setiap bulan rp 259.685 tapi kwh di lembar tagihan tidak berjalan sama sekali. Saat diperiksa ber sama petugas ternyata ada penambahan meteran. Apakah biaya yang saya bayar hanya abondemen atau ada biaya kwh? Kemana saya harus menanyakan tagihan yang kwh tdk berjalan di lembar tagihan? Terima kasih

agus rafiqusubhan said...

Untuk Saudara Henry kalu yah benar meterannya gak berjalan berarti itu petugas cater atau pencatat meter yang asal tembak nulis karena untuk biaya abodemen : tapi yang saya tahu ini Tergantung daya :
450VA, biaya beban 11000 rupiah di tambah biaya per kWH tergantung pemakaian antara 169 rupiah (~30 kWH), 360 rupiah (>30 kWH dan < 60 kWH), 495 rupiah (>60 kWH).
900VA, biaya beban 20000 rupiah ditambah biaya per kWH tergantung pemakaian antara 275 rupiah (~20 kWH), 445 rupiah (>20 kWH dan < 60 kWH), 495 rupiah (>60 kWH).
1300VA, tanpa biaya beban, per kWHnya 790 rupiah.
2200VA, tanpa biaya beban, per kWHnya 795 rupiah.
3500VA ~ 5500VA, tanpa biaya beban, per kWHnya 890 rupiah.
6600VA ke atas, tanpa biaya beban, per kWHnya 1330 rupiah.
Harga di atas belum termasuk Biaya Penerangan Jalan 3%

iwingmusic.com said...

klo pulsa prabayar 40rb habis 4 hari daya 1300w pemakaian komputer, tv, radio, kipas angin, lampu 5, anggap saja hampir 24jam, normal gag? trimakasih.

Anna maria said...

Daya listrik 5500, meteran digital , tapi dalam bulan 11 dan bulan 12 tagihan melonjak 50 persen ( kejadian ini pernah terjadi di tahun sebelumnya ) , karena meteran digital , kita harusnya tiap bulan kelacak pemakaian berapa , anehnya katanya listrik naik , tapi naik jadi 50 persen , makanya saya cari artikel yang bahas detail soal meteran digital , biaya abodemen dan sebagainya , cari di web pln gak dibahas, artinya ini adalah lahan basah dimana kita taunya bayar , dan kalau ada yang merasa dicurangi gak tau komplain dimana , selalu ada alasan , kalau kita gak tau formula nya mohon pencerahannya

Qa said...

saya menggunakan listrik pascabayar 4400 watt. biaya perbulan 1.3jt - 1.5jt. tapi tiba2 semenjak bulan 10 kemarin naik 50% jadi 2.3 jt -2.4jt.

saya kira karena ada tambahan pemakaian, tapi setelah baca komentar diatas, saya penasaran dan menghitung total pemakaian kwh dibagi biaya yg harus dibayarkan
setelah dihitung biaya per kwh nya 1.250. bukkannya harusnya 890 ya? koq perhitungannya tidak wajar sih? tambahan 700.000 untuk apa?

Yuvan Winanda said...

Mohon masukan dari admin.

Jenis tarif/daya R2/5500 VA; stand meter di posisi 01824300- 01824300 pada rek. listrik. Ini berarti tidak ada pemakaian sama sekali (sebetulnya pencatat meter tdk bisa masuk krn gerbang terkunci). Mengapa saya masih harus bayar Rp.275.052? Biaya apa ini? Bukankah jenis ini tanpa abodemen/biaya beban?
Terima kasih.

agus rafiqusubhan said...

Klo Gerbang terkunci biasanya ngambil rat rata pemakaian dari bulan sebelumnya

Anonymous said...

Mohon masukannya...

Saya baru pindah kontrakkan. Kemaren kontrak rumah dengan daya R2/3500 biaya per bulannya 170,000 an. Kontrakkan baru saya dayanya R1/1300 dan biayanya 280,000an perbulannya. Padahal lampu dan semua barang elektronik yang dipakai sama, tidak ada penambahan yang terlalu signifikan. Bahkan saya tidak punya TV. Kira2 bisa tidak saya minta biayanya perbulannya diperkecil ke PLN yah?
Mkasih

Anonymous said...

Terima kasih sebelumnya telah men-posting mengenai perhitungan PLN dgn detil. mohon sarannya apakah lebih hemat dan menguntungkan mana tipe Pasca atau Pra-bayar ? mengingat saya saat ini saya menggunakan Pasca 2200 VA. Thanks

pulsa elektrik said...


haduh Sayang ini penghitungan nya apakah berlaku untuk tarif sekarang ,kan Pulsa Elektrick /Listrik naik jumlah kwh yg di dapat pada thn 2013 dan 2014 sekarang beda jauh Pulsa Listrik y sekarang kwh semakin sedikit sekali

Purnomo Winnettou said...

kalo sekarang ini berapa ya biaya per KWH utk listrik prabayar, contoh di atas khan Rp. 605/KWH.
barusan beli token di indomart dengan nominal 40rb, cuman dapat sekitar 35 KWH saja, dan anehnya setelah dimasukkan ke meteran cuman bertambah 32 KWH saja, mohon tanggapan rekan2 semua.
terima kasih sebelumnya

obat alergi said...

terimakasih untuk infonya gan
http://exl.me/gdye

power bank said...

wah ini ilmu yang bagus nih biar ga ketipu sama harga

Sugi Tjatorson said...

saya tinggal di dusun di kabupaten pemalang sebelumnya lisrik di rumah saya 900 watt dengan pemakaian kulkas 2, tv 2 dan sanyo hanya terkena biayaya 150nribu /bulan setelah itu saya tambah daya jadi 1300 watt dan pemakaian saya kurangin kulkas 1 sama sanyo di ganti ac setengah PK dgn daya 325 watt, kenapa tagihan /bulannya jadi 460 /bulan saya jadi kaget apalagi dalam jangka tiga bulan ini terus menerus tetap segitu. apakah saya harus ganti dengan pake listrik pulsa. tolong untuk kasih solusinya. terima kasih

Oreno Dake said...

Dirumah saya pake PLN yang token R1 dengan daya 2200, pertama dulu kalau beli yang 100rb dapat 80 lebih KWH, terus beberapa bulan kemudian cuma 74 nah bulan ini cuma dapat 61kwh. Apakah bisa seperti itu? dan apa faktornya? sedangkan tetangga saya yang punya kos-kosan B1 2200 dapat 81kwh. tlg di jelaskan. kalau berkenan tlg di emailkan ke orenodake22@gmail.com, saya rencana mau ke PLN tapi baiknya saya tahu dulu ilmu. Terimakasih banyak

Anonymous said...

Saya Rhan Penguna PLN Daya 2200,
Mau Tanya pak admin, saya sudah mengajukan permohonan Penurunan daya listrik Pasca Bayar dari 2200 ke 1300 atau 900, akan tetapi setelah didatangi pihak PLN, Pihak PLN hendak mengganti dengan Prabayar (PULSA).
Pertanyaannya : Apakah jika hendak menurunkan daya Listrik PLN secara otomatis PLN akan menggantinya dengan PraBayar...???
Terima Kasih

Kompas said...

Apakah Cara Hitung ini berlaku untuk tahun 2014 saya liat ini postingan nya tahun 2013

iin januri said...

okey gan, perhitunganya kalo pascabayar kita tidak bisa manipulasi alias fix. kaloupun ada tambahan biasanya untuk biaya kolektif bagi yang malas bayar sendiri ke loket atau ke bank, nitip wajarlah kasih ongkos itupun paling ga lebih seribu rupiah. tapi untuk listrik prabayar banyak permainannya gan, antar agen satu dengan yang lainnya beda, beli token 50rb kadang dapatanya dikit kadang juga banyak, belum lagi biasanya beli 50rb masing-masing counter juga ambil keuntungan sendiri bisa jadi harus bayar 52 ribu. kalo saya pribadi lebih pilih listrik pascabayar, karena kelemahan prabayar lebih banyak. contoh rumah mertua saya ketika beralih ke prabayar malah lebih banyak kendala dan lebih tidak hemat, biasanya ketika memakai pascabayar hanya 50rb perbulan dengan penggunaan yang sama ketika pakai prabayar pulsa token seharga 50rb ga cukup buat sebulan.

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter
Jangan Menulis Komentar Mengandung
SPAM, SARA, PORNO Atau KATA KASAR..!!

 

© Copyright Tutorial Dan Informasi . All Rights Reserved.

Designed by TemplateWorld and Provided By Free Blogger Templates | Free Website Templates